SMA IMMANUEL BANDAR LAMPUNG

Jalan Dokter Susilo No.6, Sumur Batu, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung 35214

Santun, Berkualitas dan Bermoral

Pesta Demokrasi Zaman Pelajar Masa Kini

Sabtu, 20 Januari 2018 ~ Oleh Retno Novita Sari ~ Dilihat 1208 Kali


Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS TP 2018-2019 SMAS Immanuel Bandarlampung

 

SMAS Immanuel Bandarlampung menggelar pesta demokrasi melalui pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) pada Rabu, 17 Januari 2018.

Kegiatan ini mengikuti sistem pemilihan umum yang dilaksanakan KPU. Bedanya pemilih tidak menggunakan bilik suara. Kegiatan didahului oleh penyampaian visi misi calon ketua dan calon wakil ketua OSIS pada setiap kelas. Selanjutnya panitia pemilihan berkeliling membagikan kertas suara pada kelas tersebut. Terakhir, setiap siswa yang sudah mendapat kertas suara memberikan pilihan suaranya. Pemilihan ini menghadirkan tiga pasangan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS.


Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Pertama
Rachell Olivia Lingga dan Fero Yulian

 

Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Kedua
Priscilla Oktavia dan Daniel Ryan


Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Ketiga
Christian Abed dan Jessica Natanael

Pemilihan ini menganut asas pemilihan umum yang biasa dilakukan KPU yaitu asas LuberJurdil. Penjelasan asas Luber Jurdil pada pemilihan ini sebagai berikut.

  1. Langsung

Langsung berarti pemilih memilih secara langsung tanpa diwakilkan kepada siapapun pada saat pemilu tersebut dilaksanakan. Para peserta didik memilih ketika kertas suara dibagikan oleh panitia pemilih.

  1. Umum

Umum berarti pemilih yang telah memenuhi syarat usia ( usia di sini peserta didik yang duduk di kelas X atau XI) dapat menggunakan hak suaranya tanpa adanya pengecualian yaitu hak aktif dan hak pasif. 

  1. Bebas

Bebas berarti pemilih memiliki kebebasan untuk menggunakan hak suaranya sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Peserta didik tidak diintimidasi dalam memilih. Mereka bebas memilih berdasarkan suara hati mereka.

  1. Rahasia

Pemilih pada saat memilih dan menggunakan hak suaranya dipastikan tidak akan diketahui oleh orang lain atas apa yang telah dipilihnya.

  1. Jujur

Pada saat pelaksanaan pemilihan, pemilih maupun panitia pemilih serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pemilihan harus bersikap jujur sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan tidak ada kecurangan yang dilakukan. Begitu pun ketika perhitungan suara, dilakukan secara jujur.

  1. Adil

Seluruh pemilih dan pihak yang terlibat mendapatkan perlakuan yang sama tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, golongan, maupun tingkat sosial.


panitia pemilihan membagikan serta mengambil kembali kertas suara

Setelah semua kelas selesai memilih. Para kandidat calon  memasuki ruang guru untuk mempresentasikan visi serta misi mereka. Para kandidat juga ditanya hal-hal yang berkaitan dengan visi misi mereka.

Tiba saatnya perhitungan suara. Para kandidat serta panitia pemilihan memasuki ruang BK. Tak lupa didampingi oleh Pak Edy, selaku pembina OSIS untuk melakukan perhitungan suara. Perhitungan suara disaksikan oleh beberapa peserta didik, para kandidat calon serta pengurus OSIS sebelumnya.

     

     

   

Perhitungan suara selesai. Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS dimenangkan oleh pasangan calon nomor satu, Rachell Olivia Lingga dan Fero Yulian. Total pemilih 371 suara. 284 suara pasangan pertama, 40 suara pasangan kedua, 33 suara pasangan ketiga serta 14 suara tidak sah.

Pembina OSIS beserta dewan guru memberikan selamat kepada pemenang. Tak luput menasihati mereka supaya menjalankan apa yang telah mereka ujarkan ketika mempresentasikan visi misi. Dan kepada kandidat yang belum menang agar tak berkecil hati.

Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis terpilih SMAS Immanuel bandarlampung
Rachell olivia Lingga dan Fero Yulian

Visi      :
Menjadikan peserta didik SMAS Immanuel Bandarlampung KEREN ( Kreatif, Elok, Religius, Eksis, dan Netral)

Misi      :

  1. Menanamkan kreatifitas peserta didik dengan cara mengaktifkan kembali rubik mading yang ada di sekolah beserta kegiatan ekstrakulikulernya.
  2. Menyediakan kotak saran untuk menampung aspirasi berupa masukan untuk sekolah dan OSIS.
  3. Mengadakan kegiatan intra sekolah yang seru dan berbasis pendidikan.
  4. Membangun serta mengarahkan potensi peserta didik melalui bimbingan kegiatan akademik (olimpiade) dan eskul.
  5. Meningkatkan kesadaran tata tertib dimulai dengan saling mengingatkan antarteman sebaya.
  6. Menanamkan rasa cinta tanah air melalui kegiatan upacara hari senin/hari besar nasional dengan petugas upacara bergilir.

 

Perjuangan belum tak terhenti sampai di sini. Masih ada beberapa agenda pembinaan anggota OSIS yang akan dilakukan tanggal 26 Januari 2018. Siapapun pemenangnya semoga bisa membawa SMAS Immanuel Bandarlampung lebih baik lagi.

Jangan jadikan kompetisi sebagai ajang membagakan diri,

tapi bagaimana bisa berarti tak hanya untuk diri sendiri.

 

Tim penulis       :
Tika Febby .A
Vivi Julette Ilham
David suhalim
Rachel Olivia Lingga

Tim Photografy :
Devilita Anggraini

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sujito, S.Pd

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, SMA Immanuel Bandar Lampung telah mampu menambah layanan informasi berupa Website SMA…

Selengkapnya

TAUTAN